is a digital service that collects, preserves, and distributes digital material. Repositories are important tools for preserving an organization's legacy. they facilitate digital preservation and scholarly communication.
Nama
:
Siti Pasaribu
Judul
:
Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar PAK siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
:
ABSTRAK
Pasaribu, Siti. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan Belajar PAK Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar PAK siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar PAK siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan teknik Statistik Deskriptif dan Inferensial. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita yang beragama Kristen Protestan berjumlah 249 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling sebesar 20% dari jumlah populasi yaitu 50 orang. Instrumen penelitian ini adalah berupa angket tertutup. Hasil analisis nilai rxy=0,519>rtabel=0,297 dan thitung=4,206>ttabel=2,021 menunjukkan bahwa adanya hubungan antara strategi pembelajaran kontekstual dengan keaktifan belajar PAK siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020 dan memperoleh keberartian persamaan regresi sederhana yaitu . Uji hipotesis diperoleh Fhitung=17,32>Ftabel=1,51 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan belajar PAK siswa kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2019/2020 sebesar 26,94%. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, penulis memberi bahan masukan bagi guru PAK untuk meningkatkan penerapan strategi pembelajaran kontekstual sehingga keaktifan belajar siswa meningkat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Kunci
:
Strategi Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan Belajar PAK Siswa
Doping
:
Roida Lumbantobing,M.Pd, M.Pd
Status
:
Approved
Keterangan
:
Hits
:
1705 views